Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap

Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap - Untuk pelajaran Matematika SD kelas 4 terdapat materi mengenai sudut. Materi sudut untuk SD kelas 4 ini dapat dirangkum menjadi satu materi. Lalu materi apa saja yang termasuk dalam rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini? Pada dasarnya Matematika tidak hanya berupa ilmu pembelajaran dalam tingkat sekolah saja. Tetapi ilmu Matematika ini juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Bahkan dapat digunakan dalam pemecahan masalah yang berhubungan dengan hitung menghitung. Matematika tersebut banyak diterapkan dalam proses perdagangan jual beli, pembangunan rumah dan sebagainya, termasuk materi sudut Matematika ini.



Materi Sudut Matematika

Materi Sudut untuk SD Kelas 4 ini tergolong materi dasar dasar dalam sudut. Misalnya membandingkan dua sudut, mengukur besar sudut, dan sebagainya. Maka dari itu pengoperasiannya belum serumit materi ketika dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa rangkuman materi sudut Matematika untuk SD kelas 4 terlengkap Dalam rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini terdapat penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.


Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap



Sebelum membagikan tentang rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini, saya akan menjelaskan tentang pengertian sudut terlebih dahulu. Sudut ialah daerah yang dibentuk oleh dua sinar atau garis lurus atau sudut yang dipertemukan menjadi satu. Materi sudut untuk SD kelas 4 tersebut meliputi perbandingan besar dua buah sudut, mengenal sudut siku siku dan sudut lurus, serta mengukur besar sudut, baik menggunakan satuan baku ataupun satuan tak baku. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai materi sudut Matematika yaitu:

Baca juga : Mengenal Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi


Membandingkan Besar Dua Sudut



Rangkuman materi sudut SD kelas 4 yang pertama membahas tentang perbandingan besar dua sudut. Bagaimana cara membandingkan besar dua sudut? Perbandingan sudut dalam materi sudut Matematika ini hanya mempertimbangkan antara dua sudut manakah yang lebih besar atau lebih kecil. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar dua sudut di bawah ini:



Gambar Dua Buah Sudut


Kedua sudut di atas kemudian digabungkan menjadi satu sehingga keduanya saling berhimpitan dan menempel satu sama lain. Maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini :



Gambar Dua Buah Sudut Setelah Digabungkan


Dari gambar di atas, kita dapat melihat dengan jelas manakah sudut yang lebih besar maupun lebih kecil. Praktek perbandingan dua sudut dalam materi sudut untuk SD kelas 4 ini berisi materi tentang mengetahui sudut manakah yang lebih besar/kecil. Gambar dua sudut di atas menunjukkan bahwa sudut A lebih kecil daripada sudut B.



Mengukur Besar Sudut



Rangkuman materi sudut SD kelas 4 selanjutnya membahas tentang pengukuran besar sudut. Untuk mengukur besar sudut dalam materi sudut untuk SD kelas 4 ini dapat menggunakan sudut satuan maupun busur derajat. Dengan kata lain materi sudut Matematika dalam tahap pengukuran besar ini berlaku sistem pengukuran satuan tak baku dan pengukurann satuan baku. Berikut penjelasan selengkapnya :

Baca juga : Materi Induksi dan Contoh Soal Induksi Matematika


Mengukur Besar Sudut Menggunakan Satuan Tak Baku

Materi sudut Matematika ini termasuk dalam rangkuman materi sudut SD kelas 4 pada tahap pengukuran. Tahap pertama dalam mengukur sudut satuan tak baku ialah dengan membagi lingkaran menjadi 8 potong yang ukurannya sama besar. Maka hasil pembagian lingkaran pada materi sudut untuk SD kelas 4 nya menjadi seperti di bawah ini :



Pembagian Lingkaran Menjadi 8 Bagian


Gambar di atas digunakann untuk mengukur besar sebuah sudut. Maka hasil pengukuran besar sudut pada materi sudut Matematikanya akan menjadi seperti di bawah ini:



Pengukuran Besar Sudut Menggunakan Satuan Tak Baku


Kesimpulan dalam pengukuran sudut satuan tak baku pada rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini ialah menggunakan gambar di atas sebagai alat untuk mengukur sudutnya. Satuan sudut tersebut dapat memudahkan anda dalam melakukan pengkuran besar sudut yang telah diketahui. Adapun penjelasan mengenai masing masing sudut satuan di atas yaitu sebagai berikut:



Penjelasan Pengukuran Sudut Dengan Satuan Tak Baku


Baca juga : Cara Menggambar Diagram Venn Beserta Contohnya


Mengukur Sudut Menggunakan Satuan Baku

Materi sudut Matematika ini termasuk dalam rangkuman materi sudut SD kelas 4 pada tahap pengukuran. Dalam materi sudut untuk SD kelas 4 yakni tahap pengukuran sudut satuan baku tersebut dapat menggunakan Busur Derajat. Berikut penjelasan mengenai cara menggunakan busur derajat yaitu:



Gambar Busur Derajat Dalam Pengukuran Sudut Satuan Baku


Untuk mengukur sudut menggunakan satuan baku (busur derajat) tersebut, anda hanya tinggal menempelkannya pada gambar sudutnya. Perhatikan gambar di bawah ini!



Contoh Pengukuran Sudut Menggunakan Busur Derajat


Berdasarkan gambar di atas kita dapat melihat bahwa sudut A memiliki besar 50 derajat. Kesimpulan dalam pengukuran sudut satuan baku pada rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini ialah menggunakan busur derajat dalam mengukur besar sudut yang telah diketahui sebelumnya.



Mengenal Sudut Lurus dan Sudut Siku Siku



Rangkuman materi sudut SD kelas 4 selanjutnya membahas tentang sudut lurus dan sudut siku siku. Satu putaran sudut memiliki besar 360 derajat. Satu putaran sudut tersebut dapat disebut sebagai satu lingkaran penuh. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar di bawah ini:



Mengenal Sudut Putaran, Sudut Lurus dan Sudut Siku Siku


Gambar di atas dapat kita simpulkan bahwa sudut lurus merupakan sudut yang besarnya 180 derajat atau sudut setengah putaran, sedangkan sudut siku siku merupakan sudut yang besarnya 90 derajat atau sudut seperempat putaran.


Demikianlah penjelasan mengenai rangkuman materi sudut Matematika untuk SD kelas 4 terlengkap. Rangkuman materi sudut SD kelas 4 ini terdiri dari perbandingan besar dua buah sudut, mengenal sudut siku siku dan sudut lurus, serta mengukur besar sudut, baik menggunakan satuan baku ataupun satuan tak baku. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat belajar.

0 Response to "Rangkuman Materi Sudut Matematika Untuk SD Kelas 4 Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel